November 15, 2012

Nasihat Ibrahim bin Adham Untuk Ahli Maksiat


     Mungkin kamu pernah didatengin ama temen ato siapa pun yang terkenal doyan banget ama maksiat (maksiat koq doyan,.haha), tapi tau-tau dia ngomong kayak gini ama kamu, “Gue tau itu salah, tapi gimana donk cara gue berhenti?” Hehe,..kalo yg namanya udah doyan emang susah sih berhenti, tapi tenang aja, kalo emang niat dengan ikhlas pasti bisa koq..(ngomong emang gampang, tapi ngelakuinnya yg susah,..hehe).
      Nah, kalo emang ada temen ato orang yang curhat kayak gitu ama kamu, kayaknya kisah yang bakal ane kasih bisa neh dijadiin inspirasi. OK, langsung ke TKP aja deh.
Begini ceritanya....(jeng-jeng-jeng..#suara gledek+piring pecah)
“ Suatu hari, ada seorang laki-laki , em sebut aja deh namanya Codet, dia terkenal banget ama hobinya yang agak aneh, yaitu maksiat. Segala jenis maksiat udah pernah dia cobain, mulai dari mencuri, berjudi, minum-minuman keras, maen perempuan(yaelah, perempuan koq dimaenin, bola tuh dimaenin, haha) dan masih banyak lagi  deh (gile ne orang, kayak nyobain baju aja,..haha), datang menemui Ibrahim bin Adham. Ibrahim bin Adham seorang yang alim, doyan ibadah, ga kayak Codet tuh yg doayan maksiat (Jempol deh buat Aa Ibrahim, hehe). Awalnya, Ibrahim bin Adham juga agak heran, kenape Codet menemui dia. Mau ngapain dia nyariin Gue? Mo ngajak maksiat? Lo pikir gue apaan..(cius?? Miapah?? Haha)
Eh, ga taunya si Codet datengin Ibrahim itu bukan mo ngajak maksiat, tapi mau curhat. Ternyata dia ingin minta nasehat dari Ibrahim, gimana caranya dia berhenti dari kebiasaannya itu.

“Boy, lu tau kan kalo gue ne doyan banget ama maksiat”, kata si Codet.
Ibrahim pun menjawab,“Iye tau, terus gue kudu salto sambil bilang wauu gitu ?? (hahaa,..ciuss? miapah?)
“Bukan gitu boy, sebenernya gue pengen banget keluar dari itu semua, makanya gue datang ke lo. Tolong dong kasih tau gue gimana caranya biar bisa lepas dari itu semua. Gue sadar, umur gue tuh udah ga lama lagi, makanya gue pengen tobat.
“Oh, baguslah kalo gitu. Tapi beneran kan lo mau tobat??
“Iye bener, sumpah dah..
“mau aja ato mau banget?? (haha, gahool juga ne Ibrahim)
“mau banget lah,..kalo gak ngapain juga gue nemuin lo..
“Okelah kalo begitu, kalo emang lo mau tobat dan bener-bener pengen lepas dari itu semua, lo harus ngelakuin 5 syarat yang gue kasih.
“terserah lo deh, apapun itu pasti bakal gue lakuin asal gue bener-bener bisa lepas dari itu semua.
“Okelah, langsung aja...Syarat yang pertama : Kalo emang lo mau maksiat boleh aja (lah, koq malah nyuruh maksiat,.haha), asalkan lo jangan pernah makan rezeki dari Allah Swt.
Mendengar syarat yang pertama, terang aja si Codet garuk-garuk kepala, gitu-gitu dia juga tau kalo yang ngasih rezeki kan Allah. Lantas, dia pun balik nanya lagi ke Ibrahim,
“Kalo gitu, gue makan dari mana dong? Bukannye semua yang ada di bumi ini adalah rezeki dari Allah Swt?”
“Makanye, kalo lu emang udah tau kayak gitu, ngapain juga ngelakuin maksiat. Apa pantes lo makan rezeki-Nya, sedangkan lo sendiri terus-terusan maksiat dan melanggar perintah-Nya.”
“waduh, iya sih, “jawab Codet malu-malu.” Terus, syarat yang kedua apa?”
“Syarat yg kedua: Kalo lo tetep pengen maksiat, lo ga usah tinggal di bumi-Nya,” kata Ibrahim dengan tegas.
Kontan aje Codet berteriak kaget, “Gila lo, terus gue tinggal dimana? Bukannye bumi dan semua isinya adalah milik Allah?”
“Betul banget, bumi dan segala isinya ini milik Allah. Makanya pikirlah baik-baik, apa pantes lo makan rezeki-Nya dan tinggal di bumi-Nya, sedangkan lo masih aja nggak nurutin perintah-Nya?”
Codet pun tertunduk lesu dan malu, sambil menjawab,” lo bener Him, terus syarat yang ketiga apa?
“Yang ketiga : Okelah kalo emang lo tetep pengen maksiat, tapi juga masih makan rezekinya-Nya dan tinggal di bumi-Nya, ya udah lo cari aja tempat bersembunyi dari-Nya.”
Ternyata si Codet udah mulai ngerti ke arah mana omongan si Ibrahim dan ia pun balik bertanya lagi,” ya Ibrahim, nasehat macam apa ini? Mana mungkin Allah ga ngelihat kita?”
“Bener banget, Allah memang Maha Melihat.
“Lalu, syarat yg keempat?” tanya Codet dengan suara lemah..
Syarat yg keempat, kalo nanti malaikat maut datang mau nyabut nyawa lo, bilang sama dia kalo lo belum mau mati karena belum tobat dan beramal saleh.”
Waduuhhhh, mana mungkin gue lakuin itu, lagian mana bisa kematian itu diundur kalo emang udah waktunya,” jawab Codet.
Nah, lo kan tau itu, terus kalo lo tau, kenapa lo masih aja melanggar semua perintah-Nya??”
Kali ini si Codet bener-bener udah kena hatinya, dia pun menangis dan mulai menyadari semua kesalahannya itu. “Lalu, syarat yg terakhir?”
Terakhir, kalo nanti pas hari kiamat, malaikat Zabaniyah mau menggiring lo ke neraka, lo jangan mau. Cobalah tolak dia mati-matian dan jauhi dia. Pokoknya lo jangan mau dibawa ama dia,.lo harus ..(belum sempat Ibrahim melanjutkan perkataanya, si Codet pun memotongnya..
Cukup...cukup ya Ibrahim. Jangan lo terusin lagi, gue udah ga sanggup lagi denger semuanya.” Kata si Codet sambil menangis.
Kemudian, si Codet pun terdiam sejenak dan menangis, lalu berkata,” Baik Ibrahim, gua janji, mulai detik ini gue ga bakalan maksiat lagi. Gue bakal ngejauhin itu semua. Tapi apa Allah masih mau mengampuni orang kayak gue gini, dosa gue udah banyak banget.”
Lalu Ibrahim pun tersenyum dan memeluk si Codet sambil berkata,“Tenang aja kawan, Allah itu Maha Penerima taubat, Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Bertobatlah dengan sungguh-sungguh, Allah pasti akan mengampuni itu semua.”
Mulai saat itu, si Codet pun bener-bener bertobat dan ga pernah maksiat lagi..( Alhamdulillah)

Nah, itu lah sedikit kisah yang bisa ane kasih sob, ya mudah-mudahan aja bisa menginspirasi, terutama buat ane sendiri sih,.hehe.
So, kalo ada temen ato siapa pun yang nasibnya kayak si Codet, kita jangan langsung mem-vonis dan menghakimi dia. Seharusnya kita harus terus ngerangkul dan ngingetin dia, bukannya ngejauhin dia. Dan ingat, jangan pernah kita merasa diri kita ini lebih baik dari orang lain yaa karena di mata Allah Swt, semua manusia itu sama, yang membedakan hanyalah ketaqwaan kita kepada Allah Swt. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar