September 06, 2012

“Terpaksa” Yang Membawa Berkah


Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya “terpaksa”, ntah itu pada saat yang menguntungkan ataupun saat-saat yang tidak diharapkan. Tapi, tahukah anda, tidak selamanya keterpaksaan itu bersifat negatif, ada kalanya dengan keterpaksaan tersebut seseorang malah memperoleh hal yang tidak pernah diduga sebelumnya. Lah koq bisa??? Yang namanya terpaksa itu mana ada enaknya. Mungkin itulah hal yang muncul dibenak kita bila kita megalami hal tersebut. Daripada bingung, mending kita langsung aja yuk lihat beberapa kasus yang karena keterpaksaan malah menjadikan hal yang positif,..
“Ada seorang mahasiswa yang kuliah disalah satu perguruan tinggi ternama di pulau Jawa, sebut saja Mr. X,..hehee, kayak nama buronan gitu.  Mr. X adalah mahasiswa yang sangat pemalu dan gak percaya diri. Suatu ketika, dia mendapatkan tugas dari dosennya untuk presentasi di depan kelas untuk memenuhi salah satu tugasnya. Walah, gimana jadinya yak?? Mr. X kan pemalu dan kurang PD gitu. Jangankan presentasi, bertanya pada saat kuliah aja dia gak berani. Alhasil, Mr. X pun kelimpungan dan sangat takut kalau-kalau dia benar-benar gak bisa presentasi. Kalo gak presentasi, dia ga bakalan lulus di mata kuliah tersebut, tapi dia juga belum pernah neh presentasi sebelumnya di depan kelas. Tetapi ternyata Mr.X ini bukan tipe orang yang gampang menyerah ( hehe, mantabb.,maju terus pantang mundur..). Kemudian Mr. X pun memberanikan diri untuk minta bantuan ama temannya yang jago presentasi buat ngajarin dia gimana cara presentasi yang baik dan benar (udah kayak EYD aja, yang baik dan benar, hahaa).
Akhirnya, setiap habis kuliah, dia pun selalu ke kosan temannya untuk belajar presentasi. Mr. X pun di ajarin gimana cara presentasi dan poin-poin apa aja yang harus dijelaskan pada saat presentasi. Gara-gara takut ga lulus, terpaksa mau gak mau dia harus belajar presentasi juga.  Tiap hari, pagi siang malam ( walah, udah kayak minum obat aja neh Mr. X, haha) ia terus berlatih dan belajar presentasi ama temannya tadi tu. Akhirnya, tibalah saat-saat yang sangat ia takutkan, presentasi di depan kelas. Jeng-jeng....dag-dig-dug dooorrr,...jantung Mr.X pun berdegub sangat kencang saat dia berada di depan kelas. Namun, ia teringat akan apa yang telah dipelajarinya. Dia pun berusaha tenang dan stay cool..hahaa. Alhasil, Mr.X pun berhasil presentasi di depan kelas dan mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari dosen dan teman-teman kelasnya. Dan setelah lulus, ga disangka-sangka, si Mr.X malah menjadi pembicara yang hebat dan sering tampil diberbagai stasiun TV lokal.,,(wauu,..hebat ya,.gara-gara terpaksa harus presentasi, eh ga taunya malah jadi singa mimbar yang hebat, salut dah buat Mr. X, hehe)
Nah, kisah di atas cuma sebagian contoh kecil dari keadaan terpaksa yang dapat membawa berkah. Jadi, buat teman-teman, Mbak Bro dan Mas Bro sekalian, keadaan terpaksa itu gak selamanya menyakitkan, terkadang kita harus menciptakan keadaan terpaksa dalam diri kita agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar