Oktober 14, 2012

Jangan Pernah Merasa Tua Untuk Belajar dan Memulai


Apakah anda pernah mendapati orang yang sudah paruh baya, memulai menimba ilmu pengetahuan? Lalu, ada orang lain yang kemudian mencibirnya seraya berkata, “Lho, udah tua kok baru belajar? Udah telat pak..” atau mungkin saja malah anda, agan-agan, mas bro dan mbak bro sekalian yang berada dalam situasi tersebut. Seandainya kalo kita yang berada dalam situasi tersebut dan pada saat itu ada yang “ngata-in” kayak gitu, gimana sih perasaan kita?? Malu? Sedih? Marah? atau malah kita semakin tertantang untuk terus maju dan pantang mundur??

Memang seh, kalo belajar pas umur udah agak tuaan, terkadang kita malu sama teman-teman dan adik-adik kita yang masih muda dan hal itu tentunya secara tidak langsung akan menghambat proses belajar kita. Tapi, tenang Sob,..seharusnya kita itu ga perlu malu, apalagi takut jika kita ingin belajar saat umur kita bisa dibilang” tua”, apalagi yang ingin kita pelajari itu emang penting buat kita. Apalagi kita sebagai seorang muslim, menuntut ilmu itu diwajibkan dan merupakan ibadah jika kita melakukannya. Mengenai hal ini, banyak hadist-hadist yang menerangkan kewajiban dalam menuntut ilmu .
Rasulullah Saw bersabda,
عَنْ أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلّم:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ.(رواه ابن ماجه)
Dari Anas ibn Malik r.a ia berkata, Rasulullah saw bersabda:“Menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap orang Islam” (HR. Ibn Majah).

Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dari Shahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, lihat Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir. Diriwayatkan pula oleh Imam-imam ahli hadits yang lainnya dari beberapa Shahabat seperti ‘Ali, Ibnu ‘Abbas, Ibnu ‘Umar, Ibnu Mas’ud, Abu Sa’id al-Khudri, dan al-Husain bin ‘Ali radhiyallaahu ‘anhum
Imam al-Qurthubi rahimahullaah menjelaskan bahwa hukum menuntut ilmu terbagi dua:

Pertama, hukumnya WAJIB; seperti menuntut ilmu tentang shalat, zakat, dan puasa. Inilah yang dimaksudkan dalam riwayat yang menyatakan bahwa menuntut ilmu itu (hukumnya) wajib.
Kedua, hukumnya fardhu kifayah; seperti menuntut ilmu tentang pembagian berbagai hak, tentang pelaksanaan hukum hadd (qishas, cambuk, potong tangan dan lainnya), cara mendamaikan orang yang bersengketa, dan semisalnya. Sebab, tidak mungkin semua orang dapat mempelajarinya dan apabila diwajibkan bagi setiap orang tidak akan mungkin semua orang bisa melakukannya, atau bahkan mungkin dapat menghambat jalan hidup mereka. Karenanya, hanya beberapa orang tertentu sajalah yang diberikan kemudahan oleh Allah dengan rahmat dan hikmah-Nya.
Didalam Al Qur’an juga telah disebutkan dengan jelas bagaimana keutamaan orang yang menuntut ilmu, Allah Swt  berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Artinya : “ Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Mujâdilah:11)
            Nah, gimana Sob, setelah mengingat dan memperhatikan baik dari hadist, maupun Al Quran, masih ngerasa “malu atau takut” untuk belajar dan menimba ilmu?? Usia itu bukan menjadi penghalang sob buat kita menimba ilmu karena menuntut ilmu itu wajib bagi kita semua. O ya, ane juga pernah membaca ne sebuah tulisan yang berkaitan dengan menuntut ilmu, 

“Seseorang akan tetap menjadi alim selama ia mau belajar. Bila ia sudah tidak mau belajar dan merasa cukup dengan ilmu yang ia miliki, maka pada hakikatnya ia adalah orang yang BODOH.”(Sa’id bin Jubair)
           
            Jadi ingat, “JANGAN PERNAH KITA MERASA MALU UNTUK BELAJAR DAN MEMULAI MESKIPUN SUDAH TUA, karena USIA BUKANLAH PENGHALANG BAGI KITA UNTUK TERUS MENIMBA ILMU.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar